Penerapan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa TPQ Al-Amanah Sigelap Desa Palimanan Barat Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon
Application Of The Iqro’ Method In Improving Al-Qur’an Reading Skillls Of TPQ Al-Amanah Sigelap Students West Palimanan Village Gempol Subdistrict Cirebon District
Main Article Content
Abstract
Penelitian di latar belakangi atas tingkatan kemampuan baca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro’, Anak-anak khususnya di Blok Sigelap masi sering bermain dan kurangnya pemahaman agama Islam terutama belajar membaca Al-Qur’an maka orang tua menitipkan anak mereka di TPQ Al-Amanah untuk melatih dan belajar membaca Al-Qur’an dengan tartil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an murid TPQ Al-Amanah. Untuk mengetahui kemampuan murid menggunakan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an murid TPQ Al-Amanah. Untuk mengetahui kekuranagn dan kelebihan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an murid TPQ Al-Amanah. Untuk menegtahui faktor penghambat dan pendukung dari penggunaan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an murid TPQ Al-Amanah. Metode ini menggunakan kualitatif dimana dalam penelitian kualitatif mencari pemahaman, pengertian suatu kejadian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengelolahan data dalam skripsi ini menggunakan reduksi data lalu disajikan dalam bentuk deskriptif setelah itu diakumulasikan menjadi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Iqro’ diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran dalam kemampuan murid yang memahami bacaan Iqro' 1 sampai 6 dan dapat membaca dari a (?) sampai ya (?) dan memahami bacaan huruf sambung, memahami huruf qolqolah, Fathatain, Kasrotain, Dhomahtain selain itu memahami hukum tajwid menunjukkan kemampuan dalam penggunaan metode Iqro' untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Dalam kekurangannya metode Iqro’ belum dikenalkan hukum tajwid dan gurunya tidak bersyahadah kelebihannya metode Iqro’ merupakan metode dibaca secara langsung serta dalam pengejarannya secara privat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdul Halim, A. Z. (2022). Pembelajaran Al-Qur'an Di Taman Pendidikan Al-Qur'an Raudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel . Jurnal Pengabdian Masyarakat , 51.
Ach Fauzan, I. A. (2018). Pembangunan Aplikasi Iqro' Berbasis Android Menggunakan Google Speech . Jurnal Pembangunan Teknologi Dan Ilmu Komputer , 30.
Choiri, U. S. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan . Ponorogo: CV Nata Karya.
Halik, M. F. (2022). Efektifitas Penerapan Metode Iqro' Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Al-Qur'an Di TPA Bustanuddin Desa Galis Kecamatan Galis Pemekasan . Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 74.
Halik, M. F. (2022). Efektifitas Penerapan Metode Iqro' Dalam Menngkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Al-Qur'an Di TPA Bustanuddin Desa Galis Kecamatan Galis Pemekasan . Jurnal pemikiran Dan Penelitian KeIslaman, 74.
Maesyaroh, Y. (2022). Pendampingan Baca Tulis Al-Qur'an Dengan Metode Iqro' di TPQ Al-Amin Dusun Ciparakan . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 15.
MUhajir, N. D. (2020). Implementasi Metode Tilawah Dan Metode Iqro' Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an 9Di SD Islam Al-Azhar Dan SD IT El-Qolam Kabupaten Serang). Jurnal Qathruna, 48.
Mukhlisin, M., & Sofy, M. (2025). KULTUR PESANTREN; Santri, Etos Studi dan Perilaku Keagamaan. CV. Intake Pustaka.
Mukhlisin, M., Yuniawati, R. I., & Atsa’lawi, A. (2023). The Implementation of Prophet’s Character Education at Al-Multazam II. EduMasa: Journal of Islamic Education, 1(1), 13–23.
Mukhlisin Mukhlisin; Malik Sofy; Deden Purbaya, A. R. (2024). Implementasi Nilai Pendidikan Sosial dalam Rukun Islam di Pondok Pesantren Miftahussa ’ adah Sindangbarang
Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Dengan Metode Iqro' Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan Islam , 39.
Uhbiyati, N. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Yuliani, W. (2018). Metode Kualitatif Deskriptif Kualitatif Dalam Prespeltif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 83-91.
Zubair. (t.thn.). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Isalm . Indramayu: Cv Aduns Abimata.