Ketersediaan Sarana dan Prasarana dalam Proses Pembelajarananak Usia Dini pada Lembaga Kober Bunda Pertiwi Ligung
Main Article Content
Abstract
Ketersediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang memadai dapat berdampak positif terhadap kualitas pendidikan. Namun, di terdapat beberapapermasalahan terkait ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan sarana prasarana diKober Bunda Pertiwi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dan pendekatan deskriptif-kualitatif di Kober Bunda Pertiwi Sasaran penelitian adalah fasilitas sekolah sebagai objek focus dan peserta didik sebagai subjek dari penelitian ini. Data di kumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan seorang guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketersediaan sarana prasarana di Kober Bunda Pertiwi yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan,seperti kurangnya ruang kelas,kurangnya pengelolaan dan perawatan sarana prasarana, serta kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan sarana prasarana yang ada, selain itu hasil analisis menunjukkan bahwaketersediaan sarana prasarana yang memadai berdampak positif pada efektivitas pembelajaran dan motivasi siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggara, Nia, dan Uman Suherman. 2024. “Optimalisasi Sarana dan Prasarana Melalui Kreativitas Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling (BK).” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 9(1):116–30. doi: 10.31316/gcouns.v9i1.6245.
Creswell, J. W. 2014. “Research Design: Qualitative, QuCreswell, J. W. (2014). . Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2antitative,.” Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches.
Fajar, Yulias Wulani. n.d. “Strategi pengembangan kreativitas pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran.” 118–27.
Hasanah, Raudatul. 2020. “Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di TK Al-Fadlillah Maguwoharjo Yogyakarta.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5(3):115–22. doi: 10.14421/jga.2020.53-03.
Kurniawan, Nurhafit-. 2018. “Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di Tk Al-Firdaus.” Jurnal Warna?: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2(2):14–26. doi: 10.24903/jw.v2i2.191.
Mukhlisin, Rosdita Y. Indah, and Abdurrahman Atsa. 2023. “The Implementation Of Prophet’s Character Education At Al-Multazam II.” Jurnal Pendidikan Islam: Dumasa 1(1):13–23
Pahkeviannur, Muhammad rizal. 2022. “Penelitian Kualitatif?: Metode Penelitian Kualitatif.” Jurnal EQUILIBRIUM.
Saifulloh, Ahmad Munir, dan Mohammad Darwis. 2020. “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3(2):285. doi: 10.36835/bidayatuna.v3i2.638.
Sugiyono. 2013. “Sugiyono.” Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology.
Sugiyono. 2016. “Sugiyono, Metode Penelitian.” Uji Validitas.