Praktik Pembelajaran Robotika Pada Mata Pelajaran Internet Of Things (IoT) Di Kelas XII SMK Al-Ma’rifah Gempol Cirebon

Main Article Content

Khamimatus Safitri Safitri
Muhamad Sodikin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan praktik pembelajaran robotika, respons siswa, tantangan, dan hambatan pada mata pelajaran Internet of Things (IoT) di kelas XII SMK Al-Ma'rifah Gempol Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru, siswa, dan waka kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran robotika di kelas XII SMK Al-Ma'rifah Gempol Cirebon diterapkan dengan pendekatan berbasis proyek, di mana siswa membuat robot yang dapat terhubung dengan jaringan IoT. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap pembelajaran ini. Para siswa termotivasi untuk lebih aktif dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep IoT. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan jumlah peralatan dan fasilitas yang terbatas. Meskipun demikian, pembelajaran ini berhasil meningkatkan keterampilan teknis siswa, seperti pemrograman mikrokontroler proyek IoT. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas dan pelatihan berkelanjutan untuk mengoptimalkan pembelajaran robotika di masa depan. Pembelajaran robotika berbasis IoT diharapkan dapat mempersiapkan siswa menghadapi perkembangan teknologi industri 4.0.

Article Details

How to Cite
Safitri, K. S., & Sodikin, M. (2025). Praktik Pembelajaran Robotika Pada Mata Pelajaran Internet Of Things (IoT) Di Kelas XII SMK Al-Ma’rifah Gempol Cirebon. EduMasa: Journal of Islamic Education, 3(1), 1–7. Retrieved from https://edumasa.ipeba.ac.id/index.php/EduMasa/article/view/57
Section
Articles

References

Creswell, J. W. (2013). Research Design. Pustaka Pelajar. Denzin, N. K. (2012). The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods (3rd ed.). Aldine Publishing.

Fadilah, R., & Rizki, I. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Mata Pelajaran Robotika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(3), 45–58.

Hidayati, F. (2021). Keterbatasan Fasilitas dalam Pembelajaran Teknologi di SMK: Studi Kasus di Kota Bandung. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 80–92.

Husni, N. L., Handayani, A. S., Prihatini, E., & Anisah, M. (2019). Peningkatan Minat Anak di Bidang Robotika. Jurnal Nasional, 11.

Koni, A., Albayan, H. A., Rusmana, F. D., Hatta, I. M., Juhadi;, & Kurniawan, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Insani (Sebuah Konsep-Konsep dan Implementasi). In Widina Bhakti Persada.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Mukhlisin, M., Yuniawati, R. I., & Atsa’lawi, A. (2023). The Implementation of Prophet’s Character Education at Al-Multazam II. EduMasa: Journal of Islamic Education, 1(1), 13–23.

Nata, I. P. R., Yasana, I. W., Setiawan, K. A., Sutamara, S. G. D. Y., Widiada, G. S., & Mardana, I. B. P. (2021). Smart Project Educational Robot (SpaceR) Sebagai Robot Edukasi. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Iptek (JASINTEK), 3(1), 56–64.

https://doi.org/10.52232/jasintek.v3i1.63

Risdianto, E., & Cs, M. (2019). Kepemimpinan dalam Dunia Pendidikan di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Nasional, 13.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development. Alfabeta

Suryanto, A. (2020). Pengajaran Internet of Things Melalui Robotika pada Pendidikan Kejuruan di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 8(4), 72–84.

Susanti, R. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Praktikum Fotosintesis dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Biologi FKIP Universitas Riau. Jurnal Nasional.

Technopedia. (2015). Internet of Things (IoT).

Zaeni, M. N., & Hidayat, S. M. (2019). Merancang Mobil Remote Kontrol dan Line Follower dan diintegrasikan dengan Smartphone Android. Jurnal Nasional, 7.