Penggunaan Metode Istima’ Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Abu Manshur Cirebon
Main Article Content
Abstract
Meghafal Al-qur’an merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia. Banyak problem yang dihadapi oleh orang yang sedang menghafal Al-qur’an. Mulai dari pengembangan minat, penciptaa lingkungan, pembagian waktu, sampai pada metode menghafal itu sendiri. Hal tersebut yang melatar belakangi penulis untuk mengambil judul penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk :(1) mengetahui proses pembelajaran tahfidzul Al-qur’an metode istima’. (2) mengetahi hafalan Al-qur’an santri dengan menggunakan metode istima’. (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melaui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa : (1) Proses pembelajaran tahfidzul Qur’an metode istima’ dilaksanakan melalui dua tahap yaitu: pertama, mendengarkan bacaan dari guru. Kedua, memperdengarkan kembali hasil hafalan kepada orang lain. (2) Hafalan Al-qur’an santri sangat berpengaruh terhadap kualitas hafalan santri. Dengan bukti setiap tahunnya menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan hafalan Al-qur’annya sampai 30 juz dan banyak lulusan diterima kuliah di Al-azhar dan mencetak prestasi internasional. (3) Faktor pendukungnya terdiri dari Bacaan Al-qur’an Benar dan Baik, Mendengar dan Memperdengarkan Bacaan Al-qur’an, memiliki satu jenis mushaf, usia ideal, memiliki kondisi fisik dan fikiran yang sehat, dan manajemen waktu. Sementara itu, hal tersebut juga dapat menjadi faktor penghambat dalam kondisi tertentu.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Creswell, J. W. (2013). Research Design. Pustaka Pelajar.
Fatmawati, E. (2019). Manajemen Tahfidz Al Qur’an. Jurnal Isema, 4(1), 25–38.
Hasan. (2008). Menghafal Al’qur’an itu Mudah. Pustaka At Tazkia.
Hidayat, Y., Yudiyanto, M., Mukhlisin, Sofy, M., Rifai, A., Hadi, D. S., Mulyani, A. S., Wahidah, E., Firdaus, M. R., Dini, A., Kusumah, R. A., Arifin, Z., Istiqomah, I., Kurniawati, K. D., & Hidayat, I. S. (n.d.). Student center. info:fvwTeHeOrtAJ:scholar.google.com
Mukhlisin. (2019). IKHLAS. Eduvision.
Mukhlisin, Indah, R. Y., & Atsa, A. (2023). The Implementation Of Prophet’s Character Education At Al-Multazam II. Jurnal Pendidikan Islam: Dumasa, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.15294/edumasa.v9i2
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.
Qomar, M. (2009). Pesantren: dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.
RI. (2003). UU RI No 20.
Wahid, M. (1999). Pesantren Masa Depan. Pustaka Hidayah.