The Metode Pembelajaran Sororgan Kitab Kuning Dapat Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Menentukan Mubtada Dan Khabar

Main Article Content

Vierry Firdaus Ramdani
Hikmah Maulani

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh metode Sorogan dalam mempelajari buku kuning terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menentukan struktur kalimat, khususnya Mubtada dan Khabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi atas kendala yang terdapat pada metode Sorogan dalam mempelajari buku kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hal ini didukung dengan pendataan melalui wawancara dengan ustaz atau kiai, mahasiswa alumni, mahasiswa senior, dan mahasiswa junior, serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini berkontribusi positif dalam belajar mandiri dalam memahami kitab kuning untuk meningkatkan kemampuan menentukan struktur kalimat bahasa Arab. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran buku kuning di pesantren dan lingkungan sejenis.

Article Details

How to Cite
Ramdani, V. F., & Maulani, H. (2024). The Metode Pembelajaran Sororgan Kitab Kuning Dapat Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Menentukan Mubtada Dan Khabar. EduMasa: Journal of Islamic Education, 2(1), 22–32. Retrieved from https://edumasa.ipeba.ac.id/index.php/EduMasa/article/view/20
Section
Articles

References

Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH?: Journal of Social Community, 4(2), 34–43. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592

Ainifarista, U. (2018). Penerapan Pembelajaran Nahwu Shorof dalam Perspektif Amtsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin. Skripsi.

Al Batawie, M. M., Syahrir, M., & Ustadz, S. (2019). Lima tahap dalam menguasai ilmu bahasa arab metode munazhzhamun (terstruktur) huruf-kata-kalimat-paragraf-karya tulis program praktik baca kitab as-saliimah?: ilmu bahasa arab praktik baca kitab (Pertama). Deepublish.

Alhadi, S., Supriyanto, A., Learning, S., & Pendahuluan, A. (2017). Self-Regulated Learning Concept?: Prosiding Seminar Nasional, 333–342.

Alwi, H. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ke 3). Jakarta?: Perum Balai Pustaka.

Amirudin, J., & Rohimah, E. (2020). Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning. Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi Dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Dan Memahami Kitab Kuning, 268–282.

Anggraeni, D., Nahdlatul, U., & Indonesia, U. (2023). ( RELIGIOUS LITERACY IN LEARNING FIQH Abstrak Edumasa?: Jurnal Pendidikan Islam masyarakat yang humanis dan toleran . Menurut survei Program for International secara konteks . Dalam proses pendidikan bentuk pembelajaran agama tidak hanya pembelajaran yang interaktif dan dialogis . tersebut tidak bisa langsung didapat dengan cepat , melainkan membutuhkan proses pendidikan Islam di Indonesia , pesantren menjadi lembaga pendidikan yang paling utama dalam bentuk pengkajian teks klasik yang dikenal dengan sebutan kitab kuning Edumasa?: Jurnal Pendidikan Islam. 1(April), 44–54.

Azhar, M. (2022). Shorof Dasar Untuk Pemula (K. Azan (ed.); Pertama). DOTPLUS Publisher.

Firdaus, A. F. (2023). KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DENGAN.pdf. Change Think.

Fitriyah, L., Marlina, M., & Suryani, S. (2019). Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.351

Hidayah, B. (Institut A. I. B. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Memabaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Arab Pegon. 3, 102–119.

Husein, A. (2022). PEMBELAJARAN FIKIH PADA PRGRAM MUTHOLA ’ AH DI PEMBELAJARAN FIKIH PADA PROGRAM MUTHOLA ’ AH.

Ilyas, I., Faujan, M. L. Y., & Imam Tabroni. (2020). Metode pembelajaran kitab kuning di pesantren al-azhar. Lebah, 13(2), 70–73. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.67

Jabbar, M. T., Wahidul Anam, & Anis Humaidi. (2017). Upaya Kiai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Edudeena?: Journal of Islamic Religious Education, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.446

Mad’ali. (2022). MORFOSINTAKSIS BAHASA ARAB: Pembelajaran Integratif Sharaf dan Nahwu Arab (S. F. Nurhabibah (ed.)). UPI PRESS.

Makinuddin, M. (Institut K. A. F. (2022). Pemerolehan Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Indonesia. Pemerolehan Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Indonesia, 06(September 2022), 213–229.

Mubah, H. Q. (2021). Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Dalam Mewujudkan Pemahaman Santri Terhadap Kitab Kuning. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(2), 137–153. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i2.5347

Nurhuda, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Santri Nurul Huda Kartasura. Al-Fusha Arabic Language Education Journal, 4(1), 23–29.

Ramdani, V. F. (2022). Air Yang Mengalir: Ilmu Nahwu (K. Fairuz (ed.); Pertama). CV. Nakomu (Penerbit Kertasentuh). https://www.penerbitnakomu.com/2022/12/16/air-yang-mengalir/

Rojak, M. A., Solihin, I., & Naufal, A. H. (2021). FUNGSI DAN PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN DI PONDOK PESANTREN SUKAMISKIN DAN MIFTAHUL FALAH BANDUNG. 3, 83–109.

Salman Alfarisi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Metode Amtsilati Di Pondok Pesantren Daarussaadah. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.481

Supriatin, T., Rubiyad, A., Sofy, M., Ma, S., Ma, S., & Ma, S. (2023). THE INTEGRATION OF PESANTREN AND MADRASAH CURRICULUM AND ITS IMPLICATION ON STUDENTS ’ Edumasa?: Jurnal Pendidikan Islam Edumasa?: Jurnal Pendidikan Islam. 1, 24–33.