Implementasi Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences dalam Moderasi Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Biruni Babakan Ciwaringin Cirebon
The Implementation of Multiple Intelligences Learning Strategy in the Moderation of Islamic Education at SMK Al-Biruni Babakan Ciwaringin Cirebon
Main Article Content
Abstract
Artikel ini membahas Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Biruni. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Studi ini menggunakan teori Howard Gardner tentang Multiple Intelligence Quotle dan teori strategi pembelajaran menurut Munif Chatib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran terdiri dari dua tahap, yaitu mengidentifikasi kecerdasan siswa menggunakan TIMI (Tes Minat Multiple Intelligences) dan merancang proses pembelajaran. Pada tahap implementasi, guru melaksanakan kegiatan untuk memberikan persepsi dan motivasi, serta melakukan kegiatan berdasarkan
Multiple Intelligence dengan cara yang unik. Persepsi dan motivasi ini dilakukan melalui kegiatan zona alpha seperti menyanyi dan melakukan gerakan refleksi, pemanasan dengan mengulang materi sebelumnya secara berulang, pre-teaching dengan memberikan penjelasan awal tentang proses pembelajaran, dan scene
setting dengan memperkenalkan konsep awal kepada materi pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa difasilitasi untuk belajar melalui sembilan tipe kecerdasan, yaitu: Verbal-Linguistik, Logika-Matematika, Visual-Ruang, FisikKinestetik, Musikal-Ritmik, Interpersonal, Intrapersonal, Naturalis, dan
Eksistensial-Spiritual, namun tidak dilakukan secara bersamaan. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan tiga domain, yaitu: kognitif dengan tes lisan, tugas tulis, dan tugas afektif. Selanjutnya, penilaian juga melibatkan observasi, target bulanan, dan penilaian diri dalam ranah afektif, serta tugas dan praktik dalam ranah psikomotorik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Armstrong, T. (2009). Multiple intelligences in the classroom. Ascd.
Azis, R., Hanan, A., Taufiqi, M. A., & Krüss, C. (2023). The Role of Majelis Taklim in Developing Religious Character Education on Al-Bahjah Cirebon. EduMasa: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–12.
Chatib, M. (2009). Sekolahnya manusia: sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.
Hanan, A. (2019). Hermeneutika Syahadat: Telaah Tafsir Kiai Sa’id Bin Armia Tegal. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
Hanan, A. (2020). Kitab Kuning, Tafsir, dan Masyarakat Jawa Era Kolonial; Pandangan Teologi Sosial Kiai Sa’id bin Armia Tegal (H. H. N. Saifullah (ed.); 1st ed.). CV. Belibis Pustaka Group.
Hanan, A. (2022a). KEHIDUPAN ISLAM MARY PAT FISHER: KOMENTAR ATAS LIVING RELIGIONS.
Hanan, A. (2022b). Miftahul Muta’allimin Islamic Boarding School: From the Classik Book (Kitab Kuning) to Scientific Traditions. International Journal of Nusantara Islam, 10(2).
Hanan, A. (2022c). Orang-Orang Babakan. Cv. Penerbit Bukupedia Indoneisa.
Hanan, A. (2022d). Yang Tumbuh Mengada Yang Gugur Menghilang. Cv. Penerbit Bukupedia Indoneisa.
Hanan, A., Taufiqi, M. A., & Priangan, A. (2021). Belajar Alquran Daring: Studi atas KAFA (Komunitas Pecinta Alquran) di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. MASILE, 2(2).
Iskandarwassid, D. S. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Margono, S. (2000). Metode Penelitian Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Rose, C., & Nicholl, M. J. (2002). Accelerated learning for the 21st century: cara belajar cepat abad XXI. Bandung: Nuansa.
Sibaweh, I., & Hanan, A. (2022). Metode Komunikasi Interpersonal: Studi Kasus Pembinaan Akhlak Di Pondok Pesantren As-Syuhada Babakan Ciwaringin Cirebon. LANTERA: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 51–62.
Silberman, M. (1996). Active learning: 101 strategi pembelajaran aktif.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Graha Ilmu.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(Http://Smacepiring. Wordpress. Com).
Suparno, P. (2004). Teori Inteligensi ganda dan aplikasinya di sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Taufiqi, M. A., Hanan, A., & Priangan, A. (2021). An Analysis of Conversational Maxims in Casual Conversation. Masile, 2(2).